Yonif 8 Mar Brigif 4 Mar/Bs Memperingati Upacara Hut Ke-74 Korps Marinir

Langkat (mediakomentar.com) – Jumat, 15 November 2019 Pasiops Yonif 8 Mar Mayor Mar Afrison Taufik memimpin upacara peringatan HUT ke-74 Korps Marinir yang dilaksanakan di lapangan sepak bola Yonif 8 Mar Pangkalan Berandan, Langkat, Sumatera Utara, Jumat (15/11/2019).

Upacara militer yang digelar oleh Batalyon Infanteri 8 Marinir, Pasukan upacara ini  terdiri dari 4 SSK  (Satuan setingkat Kompi) , 1 SSK Kompi Markas, 1 SSK Kompi Senapan D, 1 SSK Kompi Senapan E, 1 SSK Kompi Senapan F, dibawah pimpinan Komandan Upacara (Danup) Lettu Mar Tulus Krido Sulistiyo.

Sementara itu, Upacara ditandai dengan pembacaan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. yang diwakili oleh Inspektur Upacara Mayor Mar Afrison Taufik menyampaikan upacara kali ini dilaksanakan secara serentak di seluruh satuan Marinir dalam suasana kesederhanaan dan untuk mempererat kebersamaan Prajurit Korps Marinir.

Pertama-tama, kepada segenap Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang saya banggakan dimanapun kalian berada dan bertugas, saya mengucapkan: “selamat ulang tahun ke-74 Korps Marinir” (MARINIR ……!!! ~ YEL-YEL …MARINIR 3X).

Pada kesempatan yang berhahagia ini pula, saya ingin mengucapkan selamat atas kepercayaan Negara dan pimpinan TNI kepada Korps Marinir TNI Angkatan Laut telah menjadi kotama operasi TNI, hingga di usia pengabdiannya yang ke 74 Tahun ini, Korps Marinir selalu berperan aktif dan berhasil dalam berbagai penugasan, keberhasilan tersebut membuat Korps Marinir mendapatkan banyak apresiasi baik dari masyarakat maupun Pemerintah, sehingga Korps Marinir dipercaya menjadi salah satu kotama operasi TNI. Perubahab ini merupakam pendorong bagi Korps Marinir TNI Angkatan Laut untuk terus meningkatkan profesionalitas dalam melaksanakan tugas yang telah diamanatkan, di sisi lain kepercayaan ini merupakan tantangan dan amanah yang harus dipertanggung jawabkan dalam medan tugas.

Pengabdian kepada Negara merupakan kebanggaan bagi saya untuk hadir di tengah-tengah Prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang pada hakekatnya merupakan refleksi dari jiwa korsa, kebanggaan, kecintaan dan kehormatan Prajurit Baret Ungu.

Rentang waktu pengabdian selama 74 Tahun bukanlah masa yang singkat. Korps Marinir lahir dalam era revolusi perjuangan bangsa, tumbuh dan besar dalam berbagai pertempuran di setiap palagan di seluruh wilayah negara kesatuan Republik Indonesia, nama besar Korps Marinit terukir oleh dharma bakti yang ditorehkan para pendahulu, dengan pengorbana jiwa raga dalam menjaga kedaulatan Negara Korps Marinir tumbuh di tengah dinamika perjalanan bangsa dengan selalu hadir di setiap peristiwa penting serta ikut berperan dalam menyelesaikan setiap masalah dan persoalan besar Bangsa, hingga saat ini keberadaan korps marinir TNI Angkatan Laut selalu menjadi bagian penting,

Sekaligus merupakan kekuatan strategis yang dapat diandalkan oleh Negara untuk menjaga tetap tegaknya Negara kesatuan Republik Indonesia. Untuk itu tepat kiranya pada peringatan ulang tahun kali ini tema yang diusung adalah:

“PROFESIONALITAS, LOYALITAS DAN PENGABDIAN PRAJURIT PETARUNG KORPS MARINIR UNTUK NKRI”.

Transformasi KKO AL menjadi Korps Marinir TNI Angkatan Laut merupaka bagian yang tak terpisahkan dari kesuksesan perjalanan bangsa dan Negara dalam menghadapi dan melewati tantangan dinamika perkembangan lingkungan strategis yang terjadi, generasi-generasi muda Korps Marinir harus menjawab semua tantangan tersebut dengan cara tidak larut dalam kenangan nama besar, namun terus gigih dalam menunaikan tugas mengukit prestasi serta loyalitas tanpa pernah surut dalam pengabdian pada bangsa dan negara.

Pada kesempatan yang baik ini juga atas nama TNI Angkatan Laut saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas pengabdian komandan Korps Marinir dari masa ke masa, serta beberapa penekanan supaya agar dipedomi seluruh prajurit Korps Marinir yang pertama tingkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan, kedua sikapi perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, ketiga pelihara dan tingkatkan kompetensi, militansi dan naluri tempur, keempat jaga nama baik dan citra Korps Marinir dan TNI Angkatan Laut, dan yang kelima pertahankan dan tingkatkan terus solidaritas dan sinergitas dengan jajaran TNI-Polri. (Sumber: Humasy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *