25 Januari 2022

Tambang Timah Ilegal di Desa Kuday Sungai Liat Tak Tersentuh Hukum

Mediakomentar.com | Bangka - Desa Kuday, Kecamatan Sungai Liat Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulawan Bangka Belitung  Berdasarkan hasil pantauan awak media terlihat aktifitas pertambangan timah diduga ilegal. Hal ini menimbulkan rusaknya lingkungan sekitar dengan menimbulkan lubang besar seperti kuburan massal yang dilakukan di area perkampungan.

Mediakomentar.com | Bangka – Desa Kuday, Kecamatan Sungai Liat Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulawan Bangka Belitung  Berdasarkan hasil pantauan awak media terlihat aktifitas pertambangan timah diduga ilegal. Hal ini menimbulkan rusaknya lingkungan sekitar dengan menimbulkan lubang besar seperti kuburan massal yang dilakukan di area perkampungan.

 

Di lokasi tersebut, terlihat para penambang menggunakan mesin diesel yang di lengkapi penyedot timah.

 

“Di Bangka ini sudah rusak bahkan ketika naik pesawat pun terlihat pulau Bangka ini penuh lobang bekas galian timah,” ucap salah satu warga yang tidak mau disebutkan namanya kepada awak media, Senin (29/11/2021).

 

Ketika awak media menanyakan salah satu pekerja mengatakan yang bertugas sebagai koordinator di lapangan inisial (NG).

 

“Lokasi tambang timah tersebut beberapa pekan lalu pernah berhenti beraktivitas karena lahan pemilik pertama sudah menjual kepada pemilik yang baru,” terangnya.

 

Diketahui, bentuk pertambangan timah yang tidak mengantongi izin merupakan bentuk pelanggaran dan harus ditertibkan oleh pihak instansi terkait tanpa adanya tebang pilih.

 

Hingga berita ini ditayangkan, team awak media belum mendapat keterangan dari NG dikarenakan tidak ada di lokasi.

Sumber : Team Taring MPP