Tambang Ilegal Semakin Membabi Buta Hancurkan Kawasan Hutan Di Jebus

Medikomentar.com – Jebus, Bangka Barat. Suara gemuruh eksavator terdengar dari kejauhan yang di duga sedang melakukan kegiatan pengerukan tanah dan beraktifitas untuk keperluan tambang Ilegal. Ditempat pertambangan tesebut tidak ada satupun pekerja yang mau memberikan keterangan siapa bos yang punya tambang tersebut dan terkesan menutupi pemilik tambang timah tersebut.

 

” saya tidak tau siapa pemilik tambang ini, soalnya kami disini berasal dari Kelurahan Kelapa semua,” tutur pekerja.

 

Hasil temuan dilapangan, Jumat 17 september 2021, dilokasi tambang timah tepatnya di Dusun Tambang 6, Desa Mislak, Kec. Jebus, Kab.Babar, terdapat unit Tambang Timah yang diduga beroperasi dikawasan hutan Produksi dan terdapat 1 unit excavator merk Hitachi warna orange yang mengobrak abrik kawasan hutan sehingga hutan tersebut menjadi gundul,dan hancur tidak berbentuk lagi.

 

Disitu juga ditemukan terdapat beberapa unit tambang timah yang kerap disebut user-user bekerja di Daerah Aliran Sungai (DAS), yang diduga berakibat terjadi pendangkalan sungai.

 

Bapak Ruli Polhut Babar saat dikonfirmasi terkait adanya tambang timah yang diduga ilegal beroperasi dikawasan Hutan Produksi (HP) serta tambang timah yang beraktifitas di aliran sungai mengatakan bahwa akan mengecek kebenarannya , Polhut Babar.
(MA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *