Sikat Tas Pelaku Pencurian Dihadiahi Timah Panas TEKAB Polsek Percut Sei Tuan

Medan,Sumut (Mediakomentar.com) Tersangka pelaku pencurian tas, berinisial DI alias Baron (31) warga Jalan Pasar 12 Tanah Garapan, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumatera Utara, mengerang kesakitan setelah peluru timah panas milik personel Tekab Unit Reskrim Polsek Percut Seituan menembus kedua kakinya.

Tersangka DI alias Baron terpaksa diambil tindakan tegas dan terukur oleh petugas karena tersangka DI melakukan perlawanan saat ditangkap yang dapat membahayakan keselamatan jiwa petugas.

Usai mendapatkan perawatan medis, tersangka DI beserta barang bukti berupa 1 buah baju kaos hitam, 1 buah topi warna hitam, 1 buah dompet warna coklat dan 1 unit sepeda motor Satria FU dengan Nomor polisi (Nopol) BK 5161 AEI, diboyong ke Mapolsek Percut Seituan guna proses penyidikan lebih lanjut.

Kapolsek Percut Seituan, AKP Ricky Pripurna Atmaja, Sik, kepada wartawan mengatakan, “tersangka DI alias Baron berhasil kita tangkap karena melakukan pencurian sebuah tas di dalam mobil yang tinggalkan oleh korbannya, Ahmad Ibnu Hendrawan ketika sedang berada di laundry Jalan Irian Barat, Pasar 8, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang. Untuk tersangka DI terpaksa kita ambil tindakan tegas dan terukur dengan ditembak pada bagian kedua kaki tersangka dikarenakan telah melakukan perlawanan yang dapat membahayakan keselamatan petugas saat hendak menangkapnya,” ucap Kapolsek Percut Seituan.

Lanjutnya lagi menjelasan, adapun kronologis kejadian berawal pada hari Kamis (28/10/2020) sekira jam 12.00 WIB dimana menurutnya disaat korban memarkirkan mobilnya di pinggir jalan di depan Laundry Kiki di dekat Tol Bandar Selamat Jalan Letda Sujono, Kelurahan Bandar Selamat, Kecamatan Medan Tembung, Kabupaten Deliserdang.

“Saat korban pergi ke laundry, tiba-tiba datang seorang pengemudi becak mendatangi korban dan memberitahukan kalau ada orang yang tidak dikenal telah mengambil tas dari dalam mobilnya. Merasa kesal setelah melihat isi mobilnya dimasukin maling yang selanjutnya korban pun langsung mendatangi Mapolsek Percut Seituan untuk membuat laporan pengaduan,” jelasnya.

Oleh pihak petugas menerima adanya laporan korban dimana Personel Tekab Unit Reskrim Polsek Percut Seituan langsung melakukan penyelidikan. Lewat serangkaian proses yang dilakukan pihak petugas akhirnya pada hari Kamis (03/12/2020) sekira jam 23.00 WIB, tim petugas mendapatkan informasi kalau tersangka berinsial DI sedang mengendarai sepeda motor dikawasan Tembung yang mengarah menuju ke Medan. Mendapat informasi tersebut dan takut buruannya khabur, akhirnya pihak petugas langsung bergerak cepat turun ke lokasi untuk mengejar dan melakukan penangkapan terhadap tersangka yang akhirnya tersangka DI berhasil ditangkap dikawasan jalan Pasar 8, Desa Sampali, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang.

“Pada saat akan dilakukan penangkapan oleh petugas, tersangka malah melakukan perlawanan yang dapat membahayakan keselamatan jiwa petugas, sehingga tersangka terpaksa diambil tindakan tegas dan terukur oleh petugas dengan ditembak di bagian kedua kaki tersangka,” ucap AKP Ricky.

Dari hasil interogasi oleh petugas, tersangka mengakui telah melakukan pencurian tas dari dalam mobil di Jalan Letda Sujono tepatnya dekat Tol Bandar Selamat, Kecamatan Medan Tembung, dalam melakukan aksinya tersangka bersama temannya yang diketahui bernama Imran yang terlebih dahulu kita tangkap,” jelasnya.

Ditambahkannya, AKP Ricky menyebutkan secara terperinci, “Dari pengakuan si tersangka kalau aksi pencuriannya dilakukannya di 9 lokasi berbeda yaitu di lokasi TKP Jalan Letda Sujono, Jalan Makmur Tembung, Jalan Datuk Kabu Tembung, Jalan Medan -Batang Kuis. Lalu di Kecamatan Lubuk Pakam, Amplas, Tanjung Morawa, Pencurian sepeda motor Honda Scoppy di Mandala dan pencurian dompet di Jalan Pasar 5 Tembung. Dan untuk tersangka kita jerat dengan Pasal 363 KHUPidana,” pungkasnya mengakhiri.

Begitu juga dengan Kanit Reskrim Polsek Percut Seituan, Iptu Panjaitan selain membenarkan juga mengatakan secara tegas jika pihaknya tidak akan segan-segan menangkap dan memberikan tindakan tegas bagi siapa saja para pelaku yang melakukan aksi kriminal yang dapat merugikan masyarakat yang khususnya di wilhum Polsek Percut Seituan.

“Benar sudah berhasil kita ringkus ya, untuk itu saya mengatakan dengan tegas dan serius akan menangkap dan ditindak secara tegas bagi siapa saja para pelaku kejahatan yang melakukan kriminal di bawah wilhum kita yang dapat merugikan masyarakat dan kita meminta kepada seluruh warga supaya lebih perduli lagi dan berhati-hati untuk menjaga harta bendanya juga lebih berhati-hati dengan tidak sembarangan meninggalkan hartanya di dalam mobil dan tidak sembarangan memarkirkan kendaraannya,” kata mantan Kanit Reskrim Polsek Medan Area Iptu Panjaitan dengan suaranya yang tegas saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (05/12/2020) sekitar pagi hari. (rizal)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: