Semua Warga Negara Indonesia ODP Corona

Jakarta (mediakomentar.com) – Dilansir dari media RadarAktual dan CNN Dokter spesialis paru-paru RSUP Persahabatan, Jakarta, Andika Chandra Putra menyatakan bahwa seluruh masyarakat Indonesia tergolong orang dalam pemantauan (ODP) virus corona (Covid-19). Menurutnya semua orang yang berada di negara terdampak corona termasuk ODP.

“Karena kita ini di negara terjangkit, maka kita semua ini ODP, sehingga perlu pemantauan,” ucap Andika seperti dilansir dari Antara, Rabu (1/4).

Andika menjelaskan bahwa masyarakat benar-benar perlu waspada dengan penularan virus corona. Tak ada yang bisa menjamin suatu tempat yang didatangi warga benar-benar terbebas dari Covid-19.

Oleh karena itu, Andika meminta masyarakat agar mengurangi kegiatan di luar rumah. Tidak hanya yang sudah terinfeksi, tetapi juga seluruh masyarakat yang sejauh ini masih sehat. “Karena kita semua ini ODP,” tegasnya.

Andika juga meminta masyarakat sebisa mungkin untuk tidak datang ke rumah sakit. Termasuk mereka yang mengalami sakit namun kondisinya tidak terlalu parah.

“Kecuali kalau dia demam tinggi atau batuknya bertambah sering atau frekuensi napasnya lebih dari 25 kali, itu harus segera ke rumah sakit,” katanya.

Andika lalu menceritakan bahwa rumah sakit tempatnya bekerja, yakni RSUP Persahabatan, sudah sangat banyak menangani pasien di tengah pandemi corona.

Masyarakat, lanjutnya, bisa membantu rumah sakit dengan mengurangi kegiatan di luar rumah. Dengan begitu, kasus positif corona dan jumlah pasien tidak akan bertambah.

“Kalau di RS Persahabatan, pasien yang datang di klinik ODP kita itu ada sekitar 150 sehari, sehingga kalau kondisi pasiennya masih baik, itu akan kita anjurkan untuk isolasi mandiri di rumah,” katanya.

Saat kasus positif virus corona baru terdeteksi di Indonesia, juru bicara pemerintah khusus penanganan Covid-19 Achmad Yurianto pernah menjelaskan definisi ODP.

ODP adalah semua orang yang masuk ke Indonesia, baik WNI mau pun WNA, dari negara atau wilayah terdampak corona. ODP dipantau dan akan diperiksa andai mengalami gejala klinis mirip virus corona.

Sejauh ini, virus corona telah menginfeksi 1.986 orang positif terinfeksi virus corona per Rabu (4/4/20). Ada 181 orang di antaranya meninggal dunia dan 134 sembuh dari Covid-19. {CNN}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *