Selama Tahun 2020,  Sebanyak 147 Warga Asahan Digigit Hewan Terindikasi Rabies

Kisaran, Sumut (Mediakomentar.com) – Sejak bulan Januari hingga Desember 2020 jumlah warga Asahan yang telah digigit hewan terindikasi mengidap rabies mencapai sebanyak 147 orang.
Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr. Elvina br. Tarigan melalui Sekretarisnya Drs. H. Nurdin kepada wartawan, Senin (07/12/2020).
Dikatakan Nurdin, data itu diperoleh pihak Dinkes Asahan dari seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit yang berada di wilayah Kabupaten Asahan. Namun begitu dari jumlah tersebut tidak ada satu pun warga yang terkena rabies.
Karena bagi warga yang digigit hewan dalam penanganannya oleh pihak medis langsung diberikan vaksin anti rabies untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan. Dan hewan yang menyerang/menggigit manusia dipantau kesehatannya selama 14 hari, ujat Nurdin sembari memaparkan jika hewan tersebut mati dalam 14 hari maka dapat dipastikan hewan itu terjangkit rabies.
Untuk itu Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan menghimbau kepada warga yang memelihara hewan peliharaan seperti anjing, kucing, dan monyet untuk dapat memeriksakan kesehatannya secara rutin, tandasnya.(kr)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: