“RN” Pengacara Gadungan, Dilaporkan Korbannya Ke Polsek Perdagangan

Simalungun, Sumut (mediakomentar.com) – Berjanji bisa mengurus surat tanah dengan mengaku sebagai Pengacara (Gadungan), Roy Nasution (RN) berhasil menipu Herlina Pakpahan  (HP) dengan membawa lari uang sejumlah Rp 9 Juta.

Berdasarkan keterangan dari Juniarman manao (Pengacara HP) kepada awak media, rabu (7 maret 2021) bahwa :

Pada tanggal 18/03/21 korban HP becerita  kepada pelaku RN berencana mau mengurus Surat Tanahnya menjadi Sertifikat Hak Milik (SHM). Setelah mengetahui rencana tersebut, RN langsung menawarkan dirinya kalau dia sanggup mengurusnya dengan meyakinkan korban dengan gaya bicara dan juga pengetahuan dan mengaku sebagai pengacara.

Akhirnya RN (Pelaku) berhasil memperdaya HP (Korban)dan mengatakan kalau dalam pengurusan tersebut dibutuhkan uang sejumlah Rp 9 Juta dan untuk itu DP nya sebesar Rp 6 juta dan sisanya setelah surat tanah tersebut selesai diurus. Akhirnya korbanpun setuju dan uang sejumlah Rp 6 juta pun diserahkan kepada pelaku.

Kelang 5 hari kemudian, korban menghubungi pelaku mananyakan perihal perkembangan pengurusan Surat Tanah tersebut. Dengan gaya meyakinkan juga, Pelaku mengatakan bahwa surat tanah tersebut sudah hampir selesai dan meminta uang sisanya lagi sebesar Rp 3 juta kepada korban.

Seperti terhipnotis saja dengan gaya bicara pelaku, akhirnya korban mengirim sisa uang tersebut sebesar Rp 3 juta kepada pelaku pada tanggal 23/03/2021. Dan dengan begitu meyakinkan pula, setelah ditransfer pelaku mengatakan kepada korban bahwa dirinya akan datang 1 jam lagi sambil membawa Surat Tanah tersebut yang sudah menjadi Sertifikat Hak Milik (SHM).

Tetapi setelah 2 jam korban menungu,  pelaku juga tidak datang.  Dan no Hp pelaku yang biasa dihubungi korban sudah tidak aktif lagi.

Karna sudah merasa ditipu oleh pelaku, pada tanggal 30 bulan 03 korban mendatangi Advokat juniarman manao untuk meminta bantuan hukum terkait permasalahan yang dialaminya.

Dan advokat juniarman manao membantu korban dengan terlebih dahulu menyelidiki legalitas si pelaku yang mengaku sebagai pengacara. Ternyata pelaku yang bernama si roy nasution merupakan advokat gadungan.

Pada tanggal 6 april 2021 advokat juniarman manao. S. H Bersama korban (HP) melaporkan  tindak pidana penipuan dan pengelapan yang di lakukan pelaku kepada korban ke polsek Perdagangan Polres Simalungun.

Advokat juniarman manao berpesan kepada masyarakat agar selalu waspada dan hati – hati apa bila saudara membuntuhkan bantuan hukum. Saudara harus mengetaui legalitas dari pengacara yang di butuhkan. (Nur Anidah)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: