Polsek Medan Timur Berhasil Menangkap Pelaku Pencurian Kotak Infaq Mesjid

Medan, Sumut (mediakomentar.com) – Kapolsek Medan Timur, melalui Kanit Reskrim , Iptu A.L.P Tambunan berhasil mengungkap kasus pencurian kotak amal yang sempat viral di Medsos Kamis (31/12/20) terjadi disiang hari.

Dalam konfrensi Pers Keberhasilan Sat Reskrim Polsek Medan Timur, dalam mengungkap kasus pencurian kotak infaq yang sempat viral di medsos.

Dijelaskan oleh Kanit Reskrim “Bermula dari laporan BKM Masjid bernama Sukandi warga jalan Bilal ujung. Kejadian terekaman CCTV yang ada di lingkungan masjid dan terlihat jelas pelaku pembobol kotak infak saat sedang beraksi mengambil kotak infaq di Masjid Al-Amin Jalan Bilal. Masjid yang berlokasi di jalan bilal tepatnya di Gang Surya No. 168 Kelurahan PBD I, Kecamatan Medan Timur.

Dari hasil rekaman CCTV di sekitaran Masjid Polisi berhasil mengidentifikasi pelaku. Selanjutnya personel bergerak cepat mencari dan menangkap pelaku ahli pembobol kotak infak tersebut. Menurut informasi keterangan yang dihimpun Pelaku bernama Iman Habib Hasibuan (34), warga Jalan Rahmat, Kelurahan Menteng Raya Kecamatan Medan Denai.

Setelah teridentifikasi pelakunya ,selajutnya BKM Mesjid bernama Sukandi (49), warga Jalan Bilal Ujung, Gang Nurul Idam No.172 Kelurahan PBD I, Kecamatan Medan Timur, langsung membuat laporan pengaduan ke Polsek Medan Timur, atas kerugian satu kotak infaq yang berisikan uang sebanyak Rp.3.200.000.

Dari Laporan korban, Sat Reskrim Polsek Medan Timur, melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan tersangka yang diketahui keberadaannya di Jalan Rahmat PIK, Kelurahan Menteng Raya, Kecamatan Medan Denai, pada Rabu (06/01/ 2021).Kemugian Dari tangan pelaku diamankan barang bukti berupa,:
– 1 buah kaos berkerah dengan list warna hitam kuning abu-abu .
– 1 buah tang berwarna hitam orange.
– 1 buah topi dengan tulisan Rip Curl berwarna hitam .
– 1 buah tas berwarna hitam abu-abu
– 1 buah sandal berwarna hitam putih yang digunakan pelaku saat beraksi melakukan tindak kejahatan perusakan pembobolan kotak infak Masjid.

Kronologisnya Saat dua orang petugas kebersihan masjid, Eti dan Suk datang ke TKP dan melihat kotak infaq masjid sudah diluar teras Masjid keadan terbuka dan gagang kunci/ pegangan gembok kotak infaq sudah rusak. Kemudian saksi Eti dan Suk memberitahukan kepada pengurus masjid bernama Sarul Efendi dan Aidil Subandi. Dan dari keterangan yang diperoleh kedua orang saksi kemudian pengurus masjid bahwa isi kotak infaq tersebut terdapat uang tunai kurang lebih sebesar Rp. 3.200.000. Karena sudah dua minggu belum dibuka. Kotak infaq diletakkan di teras masjid dalam keadaan digembok.

Berdasarkan laporan dari BKM Masjid Al-Amin, Timsus Polsek Medan Timur, melakukan cek TKP dan menyelidiki kasus pencurian kotak infaq tersebut.Tim yang dipimpin langsung oleh Kanit Reskrim Iptu A. L. P. Tambunan, SH,MH, bersama Panit satu Ipda P.M Tambunan, SH, MH serta Panit dua Iptu Andrea langsung melakukan pencarian dan penangkapan terhadap pelaku pembobol kotak infak Masjid.

Setelah tim mengetahui keberadaan tersangka /pelaku .Selanjutnya Tim melakukan pengendapan seputaran rumah pelaku sejak 2 Januari 2021, hingga tanggal 6 Januari 2021. Dan berkat kerja Tim akhirnya sekitar pukul 15:30 WIB, Polisi melihat keberadaannya, dan langsung melakukan penangkapan. Setelah di interogasi petugas pelaku mantan residivis pencurian kotak infaq dari salah satu masjid di daerah Deli Tua tahun 2015 dengan vonis 1 tahun 6 bulan. Personel Reskrim berhasil mengamankan tersangka dan barang bukti.

Selanjutnya personel melakukan pengembangan, dan ketika pengembangan pelaku berusaha mengelabui petugas dengan berpura-pura mau buang air besar. Kemudian petugas membuka borgolnya, saat borgol terbuka pelaku berusaha melawan petugas dengan cara merampas senjata api milik petugas Ipda Poltak Tambunan, SH.MH. Dengan sigap, Brigadir Dwi Purwanto, melakukan tindakan tegas terukur menembak kaki pelaku. Kemudian pelaku diamankan dan di boyong ke RS. Bhayangkara Medan untuk mendapatkan pertolongan medis.

( Rizal )

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: