Polres Sergai Adakan Sosialisasi Hukum Tentang Peniadaan Mudik Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H

Sergai, Sumut (mediakomentar.com) – Atas dasar hukum Inpres, Intruksi Mendagri, Edaran Menteri Agama, Ketua Satgas Covid19, Gubernur dan Bupati, Polres Serdang Bedagai Polda Sumut adakan edukasi dan sosialisasikan peniadaan mudik ditengah masyarakat agar tidak menjadi polemik.

Edukasi dan sosialisasi ini diadakan di Aula Patriatama Polres Sergai dan sebagai peserta para jajaran personil Polres. Turut hadir Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang,S.H,M.Hum, Kakan Kemenag Kab. Sergai Dr. Zulkifli Sitorus,M.A (Narasumber), Ketua MUI Kab. Sergai diwakili H. Hairuddin,S.Pdi (Narasumber), Kabag Sumda Kompol E. Tambunan,S.H, Para PJU Polres Sergai, Para Kanit Reskrim, dan Para Kanit Binmas, Selasa (04/05).

Dibuka langsung oleh Bapak Kapolres, kegiatan Edukasi dan sosialisasi mudik pada bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H berjalan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam paparannya Bapak Kapolres AKBP Robin Simatupang,S.H,M.Hum menekankan kepada para perwira bahwa untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19 di Indonesia Khususnya di Kab. Serdang Bedagai. Diwilayah masing masing dilakukan tindakan dengan tegas dan Humanis kepada masyarakat yang nekat melakukan Mudik.

Sedangkan dari Kakan Kemenag Kab. Sergai Dr. Zulkifli Sitorus,M.A mengatakan

“Setiap Agama pasti mengajarkan kebaikan dan kasih sayang, dalam konteks agama Lebaran tentang Mudik, mudik tidak ada dalam alquran maupun hadist, Mudik merupakan fenomena Budaya Orang Indonesia, Kita harus secara proaktif, dalam menangani dan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang peniadaan mudik Idul Fitri 1442 H,dalam mensosialisakan kepada masyarakat harus melihat maslahatnya dengan tujuan untuk memelihara keselamatan jiwa” Jelasnya

Paparan Wakil Ketua MUI Kab. Sergai Bapak H. Hairuddin,S.Pdi mengatakan bahwa

“Majelis Ulama Kab. Sergai Mendukung tugas penyekatan dalam rangka peniadaan mudik Idul Fitri 1442 H, MUI Kab. Serdang Bedagai juga mensosialisasikan kepada msyarakat sergai tentang peniadaan Mudik, Pelaksanaan Ibadah di tengah Wabah juga pernah di Sampaikan Nabi Muhammad, Arab Saudi juga menerapkan protokol kesehatan dalam Pelaksanaan Ibadah, Sosialisasi Peniaďaan mudik dilakukan Oleh Kasubbag Hukum Bag Sumda” katanya. (ma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *