Pemkab Tapteng Ikuti Musrenbang RKPD Provsu Tahun 2021 Melalui Vidcon

Pandan, Sumut (mediakomentar.com)  Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani menugaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tapanuli Tengah Drs. Hendri Susanto Lumbantobing, M.Si, Asisten, dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Tahun 2021 melalui video conference (vidcon) pada Kamis (23/04/2020). Saat mengikuti Musrenbang RKPD Provsu itu melalui vidcon, Sekda Tapteng didampingi oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ir. Aris Sutrisno, Kepala Bappeda Tapteng Basyri Nasution, SP, Kepala BPKPAD Tapteng Zafril Abdi Nasution, SE, M.Si, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tapteng Dedy Sudarman Pasaribu, SP di Ruang Rapat Cendrawasih Kantor Bupati Tapteng. Musrenbang melalui vidcon ini juga diikuti jajaran Bappeda Tapteng di Ruang Rapat Bappeda Tapteng.

Musrenbang RKPD Provsu Tahun 2021 dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi didampingi Wakil Gubsu Musa Rajekshah, Ketua DPRD Provsu Baskami Ginting dan Sekda Provsu R. Sabrina serta seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Provsu dan peserta/undangan lainnya melalui vidcon. Musrenbang RKPD Provsu ini juga turut diikuti oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) diwakili oleh Irjen Kemendagri, perwakilan Menteri Bappenas RI, serta Pemerintah Kabupaten/Kota se Sumatera Utara (Sumut).

Pada Pembukaan Musrenbang RKPD Provsu Tahun 2021 itu, Gubsu memaparkan tentang percepatan penangan COVID-19 di Sumut dan RKPD Provsu Tahun 2021 dengan tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Unggul, Peningkatan Infrastruktur, dan Pengembangan Wilayah dalam Percepatan Pemulihan Ketahanan Ekonomi dan Kehidupan Masyarakat”.

Adapun sambutan dan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D pada Musrenbang RKPD Provsu Tahun 2021 itu disampaikan oleh Irjen Kemendagri meliputi tujuan pembangunan daerah, 5 arahan utama Presiden Republik Indonesia, dan tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2021. Sebelum pandemi COVID-19, tema RKP Tahun 2021 adalah “Meningkatkan Industri, Pariwisata, dan Investasi di berbagai Wilayah Didukung oleh Sumber Daya Manusia dan Infrastruktur untuk Pertumbuhan Berkualitas”. Dalam kondisi pandemi COVID-19 ini, tema RKP Tahun 2021 diubah menjadi “Mempercepat Pemulihan Ketahanan Ekonomi dan Kehidupan Masyarakat, dengan Fokus pada Industri, Pariwisata, Investasi, dan Penguatan Sistem Kesehatan Nasional”. Dalam arahan Mendagri juga dijelaskan tentang dampak pandemi COVID-19 tahun 2020 di Indonesia dan percepatan penanganannya, refocusing dan realokasi APBD Tahun Anggaran 2020, pedoman manajemen penanganan COVID-19, serta dampaknya bagi pemerintah daerah.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Provsu Baskami Ginting dalam sambutannya mengatakan pentingnya sinergitas antara Pemprovsu dengan DPRD Provsu dalam pelaksanaan pembangunan khususnya tahun 2021, mensinergikan antara kebutuhan masyarakat dengan program dan kegiatan prioritas daerah yang sudah direncanakan, termasuk upaya mensinkronkan program/kegiatan provinsi dan kabupaten/kota, sehingga masyarakat dan pemerintah daerah sama-sama dapat merasakan arti sebuah pembangunan. “Kami berharap agar pelaksanaan musrenbang ini lebih terbuka untuk mengkomunikasikan perencanaan yang bersifat konstruktif sehingga dalam pengaplikasiannya betul-betul menyentuh pada kebutuhan masyarakat, serta berdampak untuk kebaikan dan kesejahteraan seluruh masyarakat di Provinsi Sumatera Utara,” kata Ketua DPRD Provsu Baskami Ginting. Selanjutnya, Baskami Ginting berharap seluruh elemen masyarakat dapat bersinergi dalam menanggulangi COVID-19 di Sumut.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Provsu Dr. Ir. Hasmirizal Lubis, M.Si menyampaikan Laporan pelaksanaan Musrenbang RKPD Provsu Tahun 2021.

Adapun Desk Musrenbang RKPD Provsu Tahun 2021 ini berlangsung sejak Jumat (24/04/2020) sampai dengan Kamis (30/04/2020) melalui vidcon. Untuk Zona Pantai Barat, Desk Musrenbang dilaksanakan pada Senin (27/04/2020). (Editor : Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *