Pemkab Humbahas Laksanakan Musrenbang Secara Daring

Doloksanggul (mediakomentar.com) Jumat (24/4) Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE, membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tahun 2021 secara daring melalui video coference zoom, dengan tema
Pembangunan Tahun 2021 mengacu pada prioritas Nasional dengan mengutamakan “Penguatan Daya Saing Pertanian untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat”, Jumat (24/4).

Musrenbang Kabupaten secara daring tersebut diikuti oleh Gubernur Provsu yang diwakili Kepala Bapeda Provsu DR. Ir. Haz Mirizal Lubis, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Humbahas Ramses Lumban Gaol, SH, Labuan Sihombing dan 19 Anggota DPRD Humbahas, Sekdakab Drs. Tonny Sihombing, MIP, para Staf Ahli, para Asisten, seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Camat se-Kabupaten Humbang Hasundutan.

Dalam sambutannya melalui video conference zoom dari ruang kerja Bupati Humbahas di Kompleks Perkantoran Bukit Inspirasi, Dosmar mengajak kepada seluruh peserta Musrenbang untuk memanjatkan Puji dan Syukur kepada TYME karena masih diberi kesempatan mengikuti musrenbang ini dalam keadaan sehat walafiat pada situasi pandemi covid-19 saat ini.

Ditambahkannya, Musrenbang RKPD merupakan wadah antar pemangku kepentingan guna menyelaraskan program dan kegiatan Provinsi dengan program dan kegiatan prioritas dekonsentrasi, Dana Alokasi Khusus dan atau penyelarasan program kabupaten dengan program dan kegiatan pemerintah yang dilaksanakan melalui Dana Tugas Pembantuan.

Rancangan awal RKPD Kab. Humbahas Tahun 2021 meliputi sektor ekonomi kerakyatan, kesehatan, infrastruktur, pendidikan, pariwisata dan tata kelola pemerintahan. Keenam prioritas ini merupakan bagian dari sinergitas pencapaian Prioritas Nasional dan Provinsi Sumatera Utara.

“Saya mengapresiasi dukungan dan komitmen para pemangku kepentingan yang telah melakukan peningkatan implementasi managemen berbasis kinerja yang signifikan sehingga keselarasan antara Renja OPD, RKPD terhadap RPJMD dan TAPKIN terkait penerapan SAKIP pada perencanaan 2019 dapat terwujud” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Humbahas berpesan agar Pimpinan OPD khususnya yang membidangi sektor Pertanian, Peternakan, Sosial, Kesehatan, Pariwisata, Kopedagin dan Tenaga Kerja untuk bersama-sama memprioritaskan dalam penanggulangan dampak sosial dan ekonomi akibat wabah pandemi covid-19.
“Program dan kegiatan yang disusun agar menyentuh langsung kepada masyarakat sehingga pemulihan ekonomi pasca covid-19 dapat segera teratasi”, pesan Dosmar.

Dosmar juga menghimbau kepada seluruh peserta musrenbang untuk berperan aktif untuk mempertajam program dan kegiatan masing-masing OPD terhadap prioritas pembangunan Kabupaten Humbang Hasundutan sehingga nilai maksimal atas peningkatan implementasi manajemen berbasis kinerja dapat diperoleh Tahun 2021.

Akhir sambutannya, atas nama Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan, Bupati Humbang Hasundutan juga menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Sumatera Utara yang diwakili DR. Ir. Haz Mirizal Lubis telah mengikuti Musrenbang Humbahas 2021 melalui video conference.

Sambutan Gubernur Sumatera Utara yang dibacakan DR. Ir. Haz Mirizal Lubis, mengajak kita semua memanjatkan Puji dan Syukur Kehadirat Allah SWT, TYME atas berkat rahmat-Nya masih diberikan kesehatan di tengah-tengah merebaknya wabah pandemic covid-19. Kondisi ini tentu memberi pengaruh bagi penyelenggaraan pembangunan daerah, terutama dibidang ekonomi, sosial dan kesejahteraan masyarakat.

Menegaskan kembali, bahwa penanganan covid-19 di Sumatera Utara sudah ditetapkan dalam situasi Tanggap Darurat hingga 29 Mei 2020. Untuk itu, berbagai upaya penanganan harus senantiasa kita tingkatkan, baik dari sisi fasilitas kesehatan, ketersediaan perlengkapan medis, penyiapan jaring pengaman sosial maupun edukasi masyarakat. Hal ini dilakukan dalam mengantisipasi dampak covid-19 yang dapat mempengaruhi dibidang ekonomi, sosial dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam rangka penajaman, penyelarasan dan klarifikasi terhadap usulan rencana pembangunan sehingga tercapainya kesepakatan terhadap RKPD, pemerintah pusat telah menegaskan kembali bahwa pendekatan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2021 dilakukan dengan perkuatan pelaksanaan kebijakan Money Follow Program Prority, melalui pendekatan Tematik, Holistik, Integratif dan Spasial, dengan tema Pemulihan Ketahanan Ekonomi dan Kehidupan Masyarakat dengan Fokus kepada Pemulihan Industri, Pariwisata dan Investasi Penguatan Sistem Kesehatan Nasional.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan, Ramses Lumbangaol, SE dalam sambutannya yang disampaikan langsung dari ruang siang DPRD Humbahas, menyampaikan bahwa kegiatan musrenbang ini menjadi penting sebagai media untuk membangun sinergitas, sinkronisasi, intropeksi dan reorganisasi dalam penetapan skala prioritas pembangunan yang diusulkan baik melalui Musrenbang Desa maupun Musrenbang Kecamatan.

Dalam menetapkan skala prioritas pembangunan akan banyak diwarnai oleh berbagai kepentingan dan kehendak masyarakat untuk membangun dan mengembangkan wilayah masing-masing. Oleh karena itu, kami berharap agar para pemangku kepentingan yang terlibat dan yang dilibatkan dalam musrenbang ini dapat menghasilkan rancangan RKPD yang lebih berkualitas dengan tetap berpedoman pada RPJMD.

Bertempat diruang kerjanya, Kepala Bappeda Kabupaten Humbahas, Drs. Lautdin Sitinjak, M.Pd menjelaskan bahwa kegiatan musrenbang Tahun 2020 dilaksanakan selama 2 hari, 23 – 24 April 2020 secara daring video conference zoom.
Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Bappeda dengan Dinas Kominfo Humbahas. “Kami menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Dinas Kominfo telah memfasilitasi jaringan internet sehingga pelaksanaan musrenbang Kabupaten Tahun 2020 secara daring berjalan dengan lancar. Semua OPD dan Kecamatan dapat terfasilitasi jaringan internet sehingga pelaksanaan musrenbang ini berjalan dengan sukses”, kata Lautdin. (Diskominfo/red)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: