Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah Ikuti Rakor HLM TPID Wilayah Kerja Bank Indonesia Sibolga Melalui Vidcon

Tapteng, Sumut (mediakomentar.com) -PANDAN | Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah (Setda Tapteng) Ir. Aris Sutrisno mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Wilayah Kerja (Wilker) Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sibolga melalui Video Conference (Vidcon) di Datacenter Dinas Komunikasi Dan Informatika Tapteng, Jumat (08/05/2020).

Rakor ini bertajuk Respon kebijakan menanggulangi potensi dampak kestabilan harga akibat pandemi COVID-19 dengan narasumber Kepala BI Sibolga Suti Masniari Nasution.

Kepala Bank Indonesia Sibolga Suti Masniari Nasution menyampaikan bahwa ini sejarah baru untuk melakukan rapat pengendalian inflasi dengan Vidcon, yang diikuti oleh Pemerintah Kabupaten/Kota dan Bulog di wilayah kerja BI Sibolga.

“Melalui video conference ini kita masih bisa berkoordinasi, masih bisa membahas, masih bisa berdiskusi dalam rangka menjaga kestabilan pangan di daerah kita masing masing. Sehubungan dengan kondisi terkini, Bank Indonesia Sibolga menginisiasi pelaksanaan High Level Meeting (HLM) TPID di wilayah kerja Bank Indonesia Sibolga. Penguatan komunikasi yang efektif dibutuhkan, khususnya pada saat-saat menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBKN) Idul Fitri tahun 1441 H/2020 M. Selain itu, Bank Indonesia Sibolga juga memandang pentingnya melakukan koordinasi dan komunikasi terkait kesiapan dan kecukupan pangan di era pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung sampai beberapa waktu kedepan,” kata Kepala BI Sibolga Suti Masniari Nasution.

“Pada rapat ini, kita fokuskan koordinasi kesiapan kabupaten dan kota terkait kecukupan stok pangan daerah pada periode Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1441 Hijriah dan menyiasati kecukupan pangan di era pandemi Covid-19. Pengumpulan ringkasaan data pangan terkini daerah melalui format yang sudah disiapkan sebagai bahan referensi rapat koordinasi ini,” tutur Suti Masniari Nasution.

Pada kesempatan itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tapteng Ir. Aris Sutrisno menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah telah melakukan beberapa upaya dalam rangka menyambut Idul Fitri tahun 1441 H/2020M, meliputi kesiapan atau kecukupan pangan di era pandemi Covid-19 yang masih berlangsung ini di wilayah Tapteng.

“Bupati Tapanuli Tengah Bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani telah mengintruksikan jajaran terkait terutama OPD terkait di bidang perekonomian untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya secara maksimal, yaitu contoh Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk memonitor dan memantau harga pasar agar tidak terjadi kelangkaan pangan, lonjakan harga pangan sehingga hal ini akan memberatkan masyarakat. Mereka terus melaksanakan monitoring harga pasar di lapangan sehingga kita harapkan harga-harga bisa dijangkau oleh masyarakat,” kata Ir. Aris Sutrisno.

Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Setda Tapteng juga menjelaskan bahwa Dinas Pertanian diharapkan mendorong produktifitas pertanian di lapangan sehingga produksi pertanian di Kabupaten Tapanuli Tengah bisa sesuai dengan yang ditargetkan, tidak terjadi penurunan produksi sehingga kecukupan pangan di Kabupaten Tapanuli Tengah dapat terjaga.

Ir. Aris Sutrisno juga menyampaikan melalui APBD Tapteng, Bupati Tapanuli Tengah juga telah memberikan bantuan kepada masyarakat ekonomi lemah dan terdampak Covid-19 sekitar 42.948 paket sembako untuk 42.948 Kepala Keluarga (KK). Melalui bantuan pribadi Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati serta para Pejabat Pemkab Tapanuli Tengah hingga Kepala Desa telah disalurkan 17.000 sak beras untuk 17.000 KK di Tapanuli Tengah sebagai bagian dari Jaring Pengaman Sosial, yang mudah-mudahan berjalan dengan baik.

Rakor TPID ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Tapteng drh. Iskandar, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tapteng Ali Taat Ritonga, SP, Plt. Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Tapteng H. Samosir Pasaribu, SIP, MM, Plt. Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Tapteng M. Ridsam Batubara, S.Pi, dan Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Tapteng Dedy Sudarman Pasaribu, SP. (Editor : red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *