Para Balon Desa Cikadongdong Ikuti Tes Tulis

Tasikmalaya, Jabar (mediakomentar.com) — Panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) menggelar ujian tertulih bakal calon kepala desa (Balon) yang bertempat di SD Negeri 1 Cikadongdong Kecamatan Singaparna Kabuapaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat, Rabu (10/03/2021).

Pelaksanaan Pilkades serentak itu melalui tahapan-tahapan yakni, pertama tahapan pengumuman dari tanggal 28 sampai 6 Februari pendaftaran di tutup dan dilanjutkan dengan seleksi administrasi yang diikuti oleh 9 orang yang mengambil berkas.

“Hanya 6 (enam) orang yang melengkapi berkas dan meningkat status menjadi Balon. Dalam tahapan seleksi admistrasi juga dilakukan verifikasi cek faktanya ke lembaga-lembaga yang berkompeten, contoh yang berkaitan dengan Dinas Pendidikan dalam hal ijazah dan legalisir lainnya, memenuhi syarat,” ungkap Ketua panitia Pilkades H. Abas, M.Pd, kepada media komentar.com ditemui usai pelaksanaan ujian tertulis Balon Kades Cikadongdong.

Abas mengatakan, ada Balon yang jauh yaitu dari Banyuwangi dan kami lakukan pengecekan melalui telepon, kemudian melalui surat dan Kepala dinasnya mengirim surat kepada panitia. Akhir di tetapkan itu yang berhak mengikuti tahap berikutnya ada 6 Balon.

1Asep Sudrajat
2Asep Kurniawan
3Apip Gunawan
4Ali Barkah
4Nuryamin
5Wawan Rowandi.

“Kemarin itu pada tanggal 4 sampai 5 ada pengumuman dari Pemerintah, bahwa seleksi akan di laksanakan serentak pada tanggal 10 Maret 2021. Pada hari ini telah di laksanakan seleksi dari 6 Balon yang berhak mengikuti ke tahap berikutnya yaitu, menjadi 5 Calon yang nanti akan di undi pada tanggal 27 Maret 2021,”ungkapnya

5 Balon yang lulus yaitu;
1Asep kurniawan
2Wawan Rowandi
3Apip Gunawan
3Ali Barkah
4 Nuryamin.
dan Satu Balon yang gugur (Asep Sudrajat) karena nilainya terendah, hanya memperoleh 20 saja.

“Dalam pelaksanaan tersebut dihadiri Babinsa, Babinkamtibmas, Tim pengamanan dari unsur Kepolisian, BPD, Panitia Pilkades, dan para pendamping Balon, juga dari Fakultas yang ikut dalam penyelenggaraan itu,” tambahnya.

lanjut Abas, bekerjasama dengan STIA dan lembaga yang kompeten, kami tidak tahu urusan soal/materi yang di berikan kepada Balon. Maka dari itu, saya serahkan sepenuhnya melaui Fakultas Perguruan Tinggi tersebut yang di wakili oleh Ari Ramdani, M.Si.

“Mudah-mudahan dengan di laksanakannya Pilkades itu melahirkan pemimpin yang bisa mengayomi, ikhlas, jujur dan adil terhadap masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan yang ada di Desa Cikadongdong. Kami panitia hanya menghantarkan mereka saja yang ikut dalam kontes Pilkades serentak ini,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Singaparna Kusnanto, S.Sos, mengapresiasi kepada panitia dan terhadap Akademisi dalam rangka penyelenggaraan ujian tertulis agar betul-betul kondisifitasnya terjaga, jadi jangan ada sangka-sangka seperti tidak netral.

“Alhamdulillah meskipun dengan persiapan yang serentak, semua bisa terjalin kordinasi dan komunikasi yang baik. Mudah-mudahan tugas pekerjaan kita mendapatkan petunjuk dan ada Ridho dari Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya. (Aa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *