DPD LSM Penjara Sumut Apresiasi Kapolda Sumut Yang Tanggap Akan Aduan Warga

Medan (mediakomentar.com) – Ketua  Penjara Sumut Bung Adi Warman Lubis dalam release pers yang disampaikan ke redaksi, senin (13/04/20) sangat memberi apresiasi kepada Bapak Kapoldasu Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si atas kinerjanya dalam menangani kasus pemeriksaan atas diri Pelapor Sdr. Legiman Pranata perihal pengaduan Sdr. Legiman Pranata pada tanggal 01-02-2020tentang adaummua sebagai tersangka pada Polrestabes Medan dengan tuduhan melakukan tindakan pidana pasal 378 dan 372 KUHPidana. yang saat ini lagi berjalan.

 

Bahwa dalam kasus tersebut, jelas terlihat kejanggalan yang terjadi . Dimana Sdr. Robin yang merupakan rekan bisnis Legimin Pranata yang melakukan wan prestasi. Tetapi ternyata sdr. Robin yang mengadu ke Polrestabes Medan, sehingga Sdr. Legimin pula yang ditetapkan sebagai tersangka dan Daftar Pencarian Orang (DPO).

 

Terhadap kasus DPO legimin yang ditetapkan oleh Polrestabes Medan telah dibatalkan oleh Pengadilan Negri (PN) Medan melalui keputusan prapid. Dimana status DPO Legimin Prananta akhirnya diputuskan dan dibatalkan.

Atas ditetapkannya sdr. Legiman Pranata sebagai tersangka oleh pihak Polrestabes Medan ini, maka DPD LSM Penjara Sumut yang telah dikuasakan oleh Sdr. Legimin dalam mengawal kasusnya, melayangkan surat kepada pihak Kapoldasu agar masalah tersebut segera diperiksa dan dituntaskan. Sehingga tidak ada lagi masyarakat di Sumut ini yang menjadi korban kriminalisasi hukum. Yang mana dalam kasus Legimin Paranata yang merupakan kasus perdata dijadikan pidana.

 

Ketua DPD LSM Penjara Sumut Bung Adi Warman Lubis menyampaikan berharap agar masalah ini dapat di tuntaskan secara proposional demi tegaknya hukum dan keadilan. Sehingga tetap terjaga aparat kepolisian  itu merupakan polisi yang bersih dan berwibawa.

 

Atas telah ditanggapinya pengaduan sdr. Legiman Pranata dan surat dari DPD LSM Penjara Sumut yang ditujukan kepada Bapak Kapoldasu, maka DPD LSM Penjara Sumut sangat memberikan Apresiasi, sebab Bapak Kapoldasu tetap tanggapan atas pengaduan masyarakat.

 

Dalam pengaduan dan pemeriksaan di Poldasu Sdr. Legimin Pranata selalu didampingi oleh DPD LSM Penjara Sumut.

Dalam kasus ini juga, Kemenkum Ham Sumut juga telah menyurati pihak Kapolrestabes Medan dengan Nomor W2.HA.01.01.3402 Perihal: Koordinasi dan klarifikasi ke-II an. Legiman Pranata.

 

sehubungan dengan pengaduan sdr. Legimin Pranata, tapi sampai saat ini pihak Kapolrestabes Medan belum juga mengadakan koordinasi dengan pihak Kemenhukam Ham Provinsi Sumatera Utara. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *