Dimasa Pandemi, Pemkab Asahan Gencar Syafari Ramadhan Sekalian Sosialisasi BahayaCovid-19

Kisaran (Mediakomentar.com) -Meskipun dilanda Corona Virus Disease (Covid – 19) yang mewabah di negeri ini, sebagaimana kebiasaan di tahun sebelumnya Pemerintah Kabupaten Asahan tetap melaksanakan safari Ramadhan selama bulan puasa 1441 hijriah. Tetapi pelaksanaannya dilakukan sesuai dengan SOP penanganan dan penanggulangan virus corona.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar S. Sos, MSi dalam siaran persnya kepada wartawan, Kamis (30/04/2020).

Dikatakannya, selama ini kebiasaan safari Ramadhan berlangsung dari shalat Insya hingga tarawih serta membawa rombongan dalam jumlah besar dan juga melaksanakan buka puasa bersama. Tapi pelaksanaan safari Ramadhan kali ini dilakukan tanpa mengikutsertakan rombongan dalam jumlah banyak, dan tidak ada acara buka puasa bersama karena dilaksanakan pada siang hari setelah ba’da Sholat Zhuhur.

Perubahan kegiatan itu, kata Dayat, dilakukan untuk menyesuaikan dengan protokol pencegahan, dan penanggulangan Covid – 19. Di mana kegiatan yang dilaksanakan harus mengikuti berbagai aturan demi kesehatan bersama sekaligus sebagai upaya membangun kesadaran masyarakat dalam mencegah penyeberan virus Corona.

Walaupun pelaksanaannya tidak sebagaimana tahun sebelumnya, tetapi maksud kegiatan tetap bermakna baik dalam menjalin silaturrahmi maupun menyerap berbagai informasi dan saran dari masyarakat, ujar Kadis Kominfo ini sembari menjelaskan Pemkab Asahan tetap membentuk dan memberangkatkan Tim Safari Ramadhan untuk mengunjungi 202 Mesjid/Musholla yang ada di Kabupaten Asahan dan memberikan bantuan berupa jam dinding penunjuk waktu Sholat serta uang tunai senilai Rp 2 Juta Rupiah kepada masing – masing Masjid dan Musholla yang dikunjungi.

Safari Ramadhan tersebut dibagi dalam dua Tim yakni Tim yang dipimpin Bupati Asahan H. Surya Bsc dan Tim yang dipimpin Sekertaris Daerah Taufik Zainal Abidin. Tim safari yang dipimpin Bupati pada hari Rabu tanggal 29 April 2020 kemarin mengunjungi Mesjid Al – Falah Desa Manis Kec. Pulau Rakyat, dan Masjid Ash Shalah Desa Sumber Harapan Kecamatan Tinggi Raja.

Sementara Tim Safari Ramadhan yang dipimpin Sekretarias Daerah Kabupaten Asahan Taufik Zainal Abidin S.Sos, MSi mengunjungi Masjid Suhada Dusun IV Desa Rahuning I Kecamatan Rahuning dan membesuk salah seorang warga bernama Lampusah Margolang yang mengalami lumpuh akibat kecelakaan dan beliau menyerahkan bantuan berupa beras 10 Kg dan sejumlah Uang.(wyd/kr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *