Dalam Rapat Dengan Wali Kota Tanjung Balai Bupati Asahan sampaikan Pemulangan Pekerja Migran Dari Malaysia Misi Kemanusiaan

Kisaran, Sumut (Mediakomentar.com) – Kegiatan pemulangan PMI (Pekerja Migran Indonesia) asal Asahan yang berada di Malaysia merupakan kegiatan kemanusiaan, karena pemulangannya dilakukan atas permintaan dari pekerja migran itu sendiri melalui surat dan video yang dikirimkan kepada Pemerintah Kabupaten Asahan serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 Asahan.

Hal itu dikemukakan Bupati H. Surya Bsc selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 Kabupaten Asahan ketika melakukan pertemuan terkait proses pemulangan pekerja migran Indonesia dari Malaysia dengan Wali Kota Tanjung Balai H. M. Syahrial SH, MH bertempat di Sekretariat Gugus Tugas Kabupaten Asahan, Rabu (03/06/2020).

Dikatakan Bupati, untuk pemulangan PMI Asal Asahan ini Pemerintah Kabupaten Asahan akan menyiapkan seluruh administrasi yang diperlukan dan juga telah membuat tim koordinator lapangan yang berada di Malaysia.

Kemudian H. Surya Bsc menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 Kota Tanjung Balai yang telah bersedia hadir dalam pertemuan yang bertujuan untuk saling bertukar informasi dan bekerjasama tentang tata cara pemulangan PMI dari negeri Jiran Malaysia. Karena sebagaimana diketahui Pemerintah Kota Tanjung Balai sudah lebih dulu melakukan pemulangan warganya yang menjadi pekerja migran.

Pemulangan pekerja migran asal Kabupaten Asahan dari negeri jiran ini akan kita lakukan sesuai dengan protokol kesehatan sehingga proses pemulangannya dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang kita harapkan, urai Bupati sembari berharap seluruh unsur yang tergabung dalam Gugus Tugas Covid Kabupaten Asahan dan Tanjung Balai serta instansi terkait lainnya dapat membantu.

Kemudian Kapolres Asahan, Dandim 0208/AS, Kejaksaan Negeri Kisaran, Danlanal TBA yang juga merupakan Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 Kabupaten Asahan menyatakan siap mendukung sepenuhnya proses pemulangan PMI asal Asahan dari Malaysia.

Hal senada juga disampaikan Wali Kota Tanjung Balai H. M. Syahrial SH, MH yang menyarankan agar Pemerintah Kabupaten Asahan melengkapi administrasi yang dibutuhkan sehingga nantinya dalam proses pemulangan para PMI tersebut tidak mengalami kendala, baik itu administrasi di Indonesia maupun di Negeri Jiran Malaysia.(Kr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *