Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Asahan Periksa Kesehatan Pelancong Dari Malaysia

Kisaran (Mediakomentar.com) – Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 Kabupaten Asahan diwakili Sekretaris Daerah Taufik Zainal Abidin S. Sos, MSi bersama Polres Asahan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 17 orang pelancong yang baru kembali dari Malaysia di Terminal Madya Kisaran, Senin (30/03/2020) dini hari.

Dalam kesempatan itu Taufik Zainal Abidin menyampaikan bahwa ke 17 orang pelancong tersebut masing – masing sebanyak 10 orang merupakan warga Asahan, 5 orang warga Tanjung Balai dan 2 orang warga Labuhan Batu. Begitu sampai di Terminal Madya Kisaran para pelancong yang menaiki mobil Bus Pariwisata itu langsung dilakukan periksaan dan netralisir dengan penyemprotan menggunakan Desinfektan, Pemeriksaan Suhu Tubuh dan Pemeriksaan Riwayat Penyakit untuk mencegah indikasi penyebaran corona karena baru kembali dari luar negeri.

Dikatakannya, hingga saat ini tidak ada masyarakat Kabupaten Asahan yang dinyatakan positif terjangkit corona. Namun begitu penyemprotan desinfektan yang disertai dengan pemeriksaan suhu tubuh kepada 17 orang Pelancong tersebut perlu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk melindungi masyarakat dari penyebaran virus yang saat ini cukup membahayakan umat manusia.

Memang hingga saat ini tidak ada masyarakat Kabupaten Asahan yang positif terjangkit corona, namun kita harus tetap waspada dengan lakukan antisipasi terhadap hal – hal yang dapat menyebabkan masyarakat tertular virus tersebut, ucap Taufik sembari menambahkan bahwa ke 17 orang pelancong yang tiba hari ini akan difasilitasi mulai dari pengawalan penjemputan sampai pengantaran kerumah masing – masing.

Sementara Kapolres Asahan yang di wakili Kasat Intel AKP Sunarto, SH menyampaikan bahwa dari hasil pemeriksaan kesehatan terhadap 17 Orang pelancong yang baru pulang dari Malaysia tidak ada indikasi tertular virus Corona. Karena sebelumnya ke 17 orang pelancong tersebut telah menjalani pemeriksaan sebanyak 5 kali saat hendak menuju ke Kisaran.

Namun begitu, kata AKP Sunarto, ke 17 pelancong ini diminta untuk tetap melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas yang terdekat dari kediamannya untuk menjamin kesehatan mereka masing – masing.(wyd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *