Bupati Deli Serdang Dan Karo Buka Mubes Ke-IV DPP Merga Silima Di Sibolangit

Bupati Deliserdang Ashari Tambunan bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH MH secara bersama – sama memukul gong dalam rangka membuka Musyawarah Besar (Mubes) ke – IV DPP Pemuda Merga Silima Indonesia Tahun 2021, Jumat (19/3) sore di hotel The  Hill Sibolangit, Deliserdang.

Acara ini dihadiri Sesepuh PMS Junaidi  Bangun, ketua umum DPP PMS Indonesia Mbelin Brahmana, Kakesbang Pol Linmas, Tetap Ginting, Kadispora Kab Karo Robert Billy Perangin – Angin, Ketua DPD PMS Kab . Karo Beres Brahmana dan Ketua DPD PMS Kabupaten  Langkat, Riau, Pematang Siantar,  Deliserdang dan kota Medan.

Dalam sambutannya, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH MH sempat  mengatakan sebenarnya secara etika tidak layak dirinya duluan memberikan kata sambutan, sebab wilayah ini adalah Kabupaten Deliserdang, jadi  secara pemerintahan seharusnya Bupati Deliserdang. “Tapi diberikan kesempatan ini merupakan penghargaan bagi saya, “ucapnya.

“Dinamika budaya Musyawarah inilah tercermin dalam MUBES PMS ke IV yang mengedepankan “Merga Silima, Rakut Sitelu, Tutur Siwaluh, Perkaden Kaden sepuluh Dua, Tambah Sada,” Filosofi ini sangat familiar dan dapat menerima dan diterima semua etnis suku, agama, ras bangsa sebagai saudara.

“Untuk itu, budayakan lah silaturahmi, sebab ada silutarahmi ada persatuan, ada persatuan ada kekuatan, jika ada kekuatan apapun semua dapat dilakukan. Tapi bagaimana terjalin silaturahmi kalau bertemu pun tidak pernah,” ungkap Terkelin.

Dilain sisi, Terkelin menitip pesan agar setelah Mubes selesai, kiranya PMS dapat berperan sebagai garda terdepan mengawal  jalan tembus rumah Liang Kabupaten Deliserdang – Desa Barus Jahe Kabupaten Karo agar dapat terwujud.

” Wadah PMS ini bagian tidak terpisahkan dengan kab. Karo dan kab. Deliserdang,”terangnya.

Sementara Bupati Deliserdang Ashari Tambunan sangat mengapreisasi kehadiran Bupati Karo dalam Mubes PMS ke IV ini, lanjutnya  Jangan pernah lupa, janganlah ragu bahwa Deliserdang merupakan bagian  kampung halaman etnis dari suku  Karo.

Gayung bersambut, Ashari juga mengingatkan agar ada beberapa hal titipan bupati Karo kiranya menjadi perhatian serius PMS kedepannya sebagai  garda terdepan dalam  mengawal komitmen kami berskala ingin segera terealisaia pembukaan jalan Tembus rumah Liang ke desa Barus Jahe kab. Karo.

“Mudah mudahan Mubes PMS ke IV ini dapat memilih kader dan mampu  menghasilkan keputusan yang membawa kepemimpinan Pemuda Merga Silima Indonesia yang baru masa periode 2021-2026. Saya yakin semboyan  pemuda Merga Silima adalah  Karo Bersatu , Karo Berbudaya, PMS, PMS cinta perdamaian, dan  NKRI Harga mati bisa membawa perubahan, “katanya.

Sedangkan, Ketua umum DPP PMS Indonesia Mbelin Brahmana mengatakan berterima kasih kepada Bupati Deliserdang dan Bupati Karo, dimana dua bupati ini sangat berkomitmen mendukung kemajuan Mubes PMS tersebut.

Menurut Mbelin Brahmana, PMS merupakan Wadah Orang Karo,  jadi jaga-lah sikap dan perbuatan bagi seluruh kader PMS, karena organisasi PMS dianggap berbudaya, suku apapun dia, bangsa apapun dia, kalau masuk ke PMS sangat kita  hargai, karena nenek moyang leluhur suku Karo mengajarkan berbudaya santun kearifan lokal dalam menerima adaptasi setiap yang masuk ke suku Karo.

“Untuk itu, saya ucapkan terimakasih kepada seluruh kader PMS Indonesia dimanapun berada, sudah mendukung dan mempercayai saya selama 5 tahun dalam  memimpin PMS di masa periode 2016-2021. Mudah mudahan harapan saya, siapapun nanti yang terpilih menjalankan roda organisasi PMS Indonesia, tetaplah “, Karo Bersatu , Karo Berbudaya, PMS cinta perdamaian dan NKRI Harga mati,”katanya.

Diakhir acara, para kader kepengurusan DPP PMS Indonesia dipandu oleh panitia memberikan plakat penghargaan telah usai melaksanakan tugas masa bakti 2016 – 2021 dan terkhusus bagi ketua Umum dan Sekretaris diberikan Penghormatan pemberian tanda pin emas, disematkan oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana,  dan Bupati Deliserdang Ashari Tambunan. (Rizal)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: