Bangunan Yang Menyalahi IMB Ini Mulus Di Bangun Sampai Selesai

Medan (mediakomentar.com) – Bangunan Pabrik yang terletak di Jl. Patriot no. 60 Kel. lalang Kec. Medan Sunggal, Medan – Sumatera Utara ini akhirnya dibangun secara mulus. Bangunan yang mendapatkan IMB nya untuk gedung olahraga ternyata peruntukannya untuk pabrik. IMB yang didapat pada tahun 2019 tersebut memuluskan pengusaha yang mendirikan bangunanan pabriknya tanpa ada izin amdalnya.

Padahal menurut sekda Kota Medan Bapak Wirya Al Rahman sewaktu diwawancarai hal ini di Dinas satu atap (11 Maret 2020/bukti rekaman red) mengatakan bahwa

“Menurut UU 26/2007 tentang penataan ruang, tidak ada lagi di kennal yang namanya perubahan peruntukan, kalau zaman dulu masih UU penataan ruang yang lama UU 24 tahun 1992 masih dikenal yang namanya perubahan peruntukan secara parsial, sekarang tidak lagi dikenal.”jelasnya

Sewaktu diberitahu awak media bahwa ada bangunan yang memakai IMB gedung olah raga ternya pabrik. Bapak Sekda ini mengatakan ”

“Tidak bisa itu, Harus dibongkar, laporkan ke Satpol PP agar dibongkar” tegasnya.

Sedangkan pemilik bangunan yang bernama jaya muliadi saat dikonfirmasi melalui WA sejak tanggal 14 Maret 2020 pukul 14.35 Wib tidak membalas apapun. Jadi diduga perbuatannya yang menyalahi bangunan IMB ini sudah dirancang dan direncanakan dari awal. Bahkan dalam hal ini ada kemungkinan bagian pengawasan di dinas TRTB Kota Medan tidak melakukan tupoksinya untuk bangunan tersebut. Bahkan terkesan dibiarkan dibangun sampai selesai.

Menurut amatan media bahwa bangunan ini sudah tahap finishing dan sudah ada 2 orang security yang berjaga. Bahkan menurut informasi yang didapat bahwa untuk IMB untuk peruntukan Gedung Olahraga harus ada rekomondasi dari KONI.

Pertanyaannya adalah. Apakah KONI memang merekomondasikannya atau tidak?

Sampai berita ini diterbitkan redaksi belum mendapat balasan dari pemilik bangunan dan dari pantauan dilapangan Bangunan ini berjalan mulus, mungkin karena merebaknya wabah Virus Covid-19 atau memang dibiarkan tetap berdiri mulus oleh Pemerintah. Sebab rasanya hal yang tidak mungkin kalau tidak tau. Apalagi ini bangunan di wilayah kota Medan yang susunan pemerintahannnya ada Walikota, Camat, Lurah dan Kepala lingkungan. Minggu (26/4).

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *