Bupati Asahan Lakukan Vidcon Dengan Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia

Kisaran, Sumut (Mediakomentar.com) – Bupati Asahan H. Surya Bsc melakukan Video Conference (Vidcon) dengan Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia di ruang Command Centre Dinas Kominfo Kabupaten Asahan dalam rangka menjalin kerjasama pemulangan para TKI asal Kabupaten Asahan – Provinsi Sumatera Utara yang bekerja di Malaysia, Kamis (28/05/2020).

Dalam Vidcon itu Bupati didampingi Asisten II Setdakab Drs. Bambang HS menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan bantuan yang diberikan oleh Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia dalam proses pemulangan para TKI asal Kabupaten Asahan yang bekerja di Malaysia.

Dikatakannya kerjasama yang dijalin oleh Pemerintah Kabupaten Asahan dengan Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia terkait pemulangan para TKI ini diharapkan dapat dilaksanakan dengan waktu yang tidak lama, sehingga para TKI asal Kabupaten Asahan – Provinsi Sumatera Utara dapat terbantu kepulangannya.

Selain itu Bupati juga menyampaikan harapannya agar komunikasi yang telah terjalin antara Pemerintah Kabupaten Asahan dengan Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia dapat berlanjut sampai wabah covid – 19 ini berakhir, dan Pemkab Asahan siap menerima informasi dan saran dalam pemulangan para TKI.

Sementara sebelumnya dalam Vidcon tersebut Presiden Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia Dato’ Sri Chairul Anhar bersama dengan Sekretaris Jenderalnya Lukman Hakim BSc, MLIS menyampaikan bahwa Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia akan siap bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Asahan dalam proses pemulangan para TKI yang terkena dampak Covid – 19 yang saat ini bekerja di Malaysia.

Dato’ Sri Chairul Anhar juga mengatakan dalam pemulangan para TKI pihaknya akan memperosesnya dengan melakukan tahapan yaitu bagi para TKI yang memiliki paspor proses pemulangannya akan lebih mudah, dan bagi para TKI yang tidak memiliki paspor atau paspor mati akan dibantu dengan pembuatan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP), sehingga para TKI ini dapat pulang dengan cara yang baik, tanpa menggunakan kapal tongkang.

Selain itu Presiden Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia ini berharap kepada Pemerintah Kabupaten Asahan – Provinsi Sumatera Utara untuk menjaga database para TKI yang telah dipulangkan. Dan kepada para TKI jika ingin kembali lagi untuk bekerja di Malaysia setelah wabah covid – 19 berakhir diharapkan menggunakan administrasi yang lengkap sehingga jika ada hal – hal yang tidak diinginkan kita dapat mengembalikannya dengan lebih mudah, tandasnya.(Kr)

Tinggalkan Balasan